resep membuat kue kering sederhana Dan mudah

Resep Cara Membuat Kue Kering Lebaran

Resep Cara Membuat Kue Kering Lebaran Enak- Lebaran identik dengan ketupat maupun kue. Disaat beberapa hari menjelang lebaran, kita pasti disibukkan dengan memasak banyak masakan serta menyediakan kue yang akan disuguhkan kepada tamu, tetangga serta keluarga saat berkunjung ke rumah. Aneka resep kue kering harus anda pelajari agar dapat memberikan jamuan terbaik untuk mereka.

Indonesia memiliki khas tersendiri saat lebaran yakni saling berkunjung ke setiap rumah disekitar untuk bermaaf-maafan. Disetiap wilayah / kota menyuguhkan makanan berat yang berbeda-beda. Namun untuk kue kering atau makanan ringan, di beberapa tempat tidak begitu berbeda. Kesibukan yang padat membuat banyak orang tidak ingin menghabiskan waktunya untuk membuat kue sendiri sehingga mereka membeli kue kering yang ada dipasaran.

Agar terasa khas dan berbeda, kita bisa membuat aneka resep kue kering lebaran sendiri. Anda tidak perlu bingung untuk belajar resep karena banyak sekali Resep Cara Membuat Kue Kering Lebaran Enakyang ada di buku masakan maupun melalui internet yang dapat kita contoh di rumah. Dengan membuat kue, kita juga bisa menghemat biaya yang lebih banyak saat membeli dipasaran. Untuk kali ini, anda bisa mempelajari salah satu resep kue kering, yakni kue kering kelapa coklat yang rasanya gurih dan manis.

Resep dan Cara Membuat Kue Kering Untuk Lebaran

Kue Kering Kelapa Coklat

Bahan:
- 50 gram gula pasir halus
- 100 gram margarin
- 1 sdm santan
- 25 gram kelapa parut disangrai
- 100 gram tepung terigu
- 1 butir telur pisahkan putih dan kuning telurnya
- 30 gram cokelat leleh
- 50 gram cokelat putih
- 1/2 baking powker

Resep Cara membuat Kue kering Lebaran Kelapa Coklat:

1. Gula dan margarin dicampur jadi satu dan diaduk
2. Selanjutnya, tambahkan santan dan kuning telur pada adukan tadi.
3. Setelah tercampur, masukkan tepung terigu disertai baking powder secara bergantian
4. Adonan yang telah jadi, dibagi rata menjadi 2, Untuk diberi warna coklat dan putih
5. Pakailah cetakan khusus roti kecil yang ada atau bisa disesuaikan selera dengan memakai pisau untuk memotongnya
6. Panggang cetakan adonan selesai, masukkan ke oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 30-35 menit.
7. Setelah waktu terlewati, buka oven dan bila berwarna kecoklatan itu berarti sudah matang dan siap disajikan.

Disini akan dibahas juga tips rahasia resep cara membuat kue kering lebaran dengan maksimal. berikut tipsnya:

- Agar roti terasa renyah dengan waktu yang lama, sebelum dimasukkan toples lebih baik didinginkan ke dalam frezer selama 10 menit.
- Usahakan menyalakan panggangan sesuai dengan anjuran agar kematangan bagian kue sempurna dan merata.

Ini adalah satu dari sekian banyak resep cara membuat kue kering lebaran lainnya yang seperti kue bangkit keju, kue bawang renyah, kue putri salju, kue nastar dan lain-lain

Resep dan Cara membuat Kue Basah Tradisional - Kue dibedakan menjadi 2 jenis, kue kering dan kue basah. Setelah kemarin, saya membahas resep dan cara membuat kue kering, kali ini akan saya bahan tentang resep dan cara membuat kue basah. Perbedaan antara kue kering dan kue basah adalah kandungan yang ada dalam kue tersebut. Kue kering yang biasanya disimpan dalam toples memiliki ketahanan yang lama, mulai seminggu bahkan sampai berbulan-bulan. Sedangkan kue basah hanya dapat bertahan sehari atau maksimal beberapa hari saja karena bila tidak segera dimakan akan basi / tumbuh jamur.

Kue Basah Tradisional

Kue basah sendiri juga dibedakan menjadi 2 yakni kue basah tradisional dan modern. Kali ini kita akan membahas tentang resep dan cara membuat kue basah tradisional saja. Hal yang menjadi ciri khas darikue basah tradisional adalah kue yang menjadi warisan dari nenek moyang kita / telah dibuat sejak dahulu. Dengan negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, suku dan budaya maka terdapat banyak kue tradisional yang menjadi ciri khas dari masing-masing daerah.

Berikut beberapa resep dan cara membuat Kue basah tradisional yang dapat anda simak:

Resep dan cara membuat Kue Basah Putu Ayu

Bahan :
- 300 gr gula pasir
- 4 Butir telur
- 400 ml santan
- 2 sdt emulsifier
- 1 Butir kelapa diparut
- 400 gr tepung terigu
- garam secukupnya
- 2 sdt pasta pandan

Cara membuat Kue Putu Ayu :

1. Masukkan dan campur menjadi satu bahan-bahan seperti gula, telur, santan, emulsifier dan aduk sampai adonan mengembang.
2. Tambahkan tepung terigu, santan, garam dan pasta pandan kedalam adonan lalu aduk sampai merata
3. Masukkan adonan kedalam alat cetakan untuk membuat Kue basah putu ayu, tambahkan kelapa parut lalu padatkan. Kukus dalam waktu 15 menit, lalu sajikan

Resep dan Cara membuat kue Wingko Babat

Bahan :
- 700 gr gula pasir
- 700 gr kelapa tidak terlalu tua, diparut memanjang
- 100 gr tepung tapioka
- 1 kg tepung ketan
- 500 ml santan
- 1 sdt garam / secukupnya
- 1 sdt pasta / bubuk vanili
- 3 sdm mentega
- 2 lbr daun pandan, disimpul
- kertas minyak dan daun pisang

Untuk dioles:
- 4 Butir telur ambil kuningnya saja
- 1 sdm margarin

Cara membuat wingko babat:

1. Hidupkan kompor, lalu rebus bahan ini: santan, garam, gula pasir sampai mendidih
2. Tambahkan tepung, vanili, margarin, kelapa parut kedalam rebusan tadi. Untuk pelengkap masukkan santan rebus. Setelah matang, tuangkan adonan tadi ke dalam wadah loyang, agar tidak lengket pakai daun pisang sebagai alas.
3. Panggan adonan tersebut kedalam oven selama 15-20 menit dengan suhu 150-160°C, keluarkan adonan dan olesi dengan kuning telur dan margarin lalu oven lagi selama 20-25 menit sampai berwarna kuning kecoklatan dan matang

Itulah beberapa Resep dan Cara membuat Kue Basah Tradisional yang dapat anda praktekkan hari ini, Jika anda tertarik dengan jenis kue basah tradisional lainnya, anda bisa mengklik postingan lain dibawah ini tentang resep dan cara membuat donat kentang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "resep membuat kue kering sederhana Dan mudah "

Post a Comment